SMK Gondang Wonopringgo Gelar Psikotest ke 2

Kamis, Maret 03, 2016 0 Comments A+ a-

Dilansir dari RadarPekalongan,
WONOPRINGGO – SMK Gondang Wonopringgo bekerjasama dengan PT Suzuki Indomobil Motor menggelar Psikotest ke-2 pada (16/3) di sekolah setempat. Kegiatan tersebut merupakan tahapan seleksi yang ketiga dari proses perekrutan tenaga kerja PT terkait. Demikian disampaikan Waka Humasbin, SMK Gondang Wonoringgo, Castro SPd.

Dikatakan, pihak sekolah sudah dua kali bekerjasama dengan PT perakit sepeda motor dan mobil merek suzuki yang berlokasi di kawasan Tambun, Cikarang, dan Cakung itu dalam menyelenggarakan proses perekrutan tenaga kerja. Keduanya dilakukan masing-masing pada tahun 2015 dan 2016.

“Sejak juni 2015 sudah menyeleksi kelas tiga dan alumni. Kita selaku BKK (Bursa Kerja Khusus) itu kan ada dua hal yaitu, menarik perusahaan untuk bisa test disini, kemudian mempersiapkan anak-anak kita untuk memenuhi kualifikasi dari perusahaan.” Kata Castro, saat ditemui Radar Pekalongan, Rabu (16/3).

Disebutkan, 3 tahapan dalam proses perekrutan tahun ini yakni, test fisik yang diselenggarakan pada (3/3), psikotest 1 pada (4/3), dan psikotes 2. Setelah itu mereka yang lolos dari ke Tiga tahapan tersebut akan diberikan intruksi kerja oleh perusahaan.
“Dari tanggal tanggal 3 itu test fisik, kemudian yang lolos, masuk psikotest 1, kalau lolos lagi hari ini ikut psikotest 2,” terangnya.

Castro menjelaskan, ada sekitar 382 orang peserta pada tahap awal seleksi. Namun demikian tahap seleksi yang ke Tiga ini hanya diikuti oleh 155 orang. 119 dari mereka merupakan anak-anak kelas 12, sedangkan 46 sisanya adalah para alumni yang usianya masih relatif cukup untuk ikut serta dalam seleksi tersebut.

Sementara itu berkaitan dengan hasil test pihak sekolah menyebutkan bahwa hasilnya baru akan keluar sekitar satu sampai dua minggu kedepan. “Harapan saya, kerja sama semacam ini akan menjadi rutinitas. Selain pemasaran tamatan, kita juga akan mencoba meningkatkan kerjasama dengan PT Suzuki indomobil Motor ke kurikulum dan Bengkel.”

Disampaikan, pihak sekolah kedepanya dalam melakukan kegiatan praktek otomotif rencananya akan mengacu kepada standarisasi dari PT suzuki indomobil. Baik itu untuk sepeda motor maupun mobilnya. Sehingga kedepan jurusan otomotif di SMK gondang diharapkan menjadi binaan PT tersebut.

“Mulai dari kurikulumnya, mulai dari bengkelnya, sampai perekrutan tenaga kerjanya. InsyaAllah nanti besok senen saya mau ke PT Indomobil untuk mencoba melakukan komunikasi tentang kurikulum industri dan bengkel otomotif,” pungkasnya. (ap3)