70 Siswa Langsung Diterima Kerja

Kamis, April 21, 2016 0 Comments A+ a-

SuaraMerdeka.Com. KAJEN – Sebanyak 289 siswa SMK Gondang, Wonopringgo, Rabu (20/4), dilepas dalam sebuah acara di sekolah tersebut. Dari 289 siswa, 70 siswa telah dinyatakan diterima bekerja di perusahaan ternama di Jakarta.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan SMK Gondang Castro mengatakan, kepastian siswanya diterima bekerja di beberapa perusahaan ternama itu diperoleh setelah mereka mengikuti kegiatan perekrutan tenaga kerja pada bursa khusus kerja sekolah di bawah Yayasan Gondang Wonopringgo itu.

”Dari 70 siswa yang diterima bekerja itu, 27 siswa di antaranya diterima di PT Suzuki Indomobil, 17 siswa di Astra Honda Motor, 7 siswa di PTMusasi, dan 3 siswa di PTHonda Prospek Motor, dan 12 siswa di PTWalsim,” ujarnya.

Adapun jumlah siswa yang dilepas pada kesempatan itu 289 orang terdiri atas 100 siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, 61 siswa Jurusan Teknik Otomotif Elektronik, 92 siswa Jurusan Akutansi, dan 36 siswa Jurusan Teknik Jaringan Komputer Menurutnya, ada perbedaan dari acara serupa tahun sebelumnya.

Tahun ini panitia sengaja menggunakan dua bahasa pengantar dalam kegiatan itu, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, sedangkan tahun lalu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Pendidikan Karakter

Ketua Yayasan Gondang KH Nadjib Syamsudin mengatakan, sekolah yang dikelola yayasannya senantiasa menenakan pendidikan berkarakter islami dengan harapan agar anak-anak menjadi pribadi sholeh dan sholehah, berkarakter, memiliki kepandaian dan keterampilan serta menerapkan amal ibadah.

”Ada beberapa bentuk aplikasi program yang telah dilaksanakan oleh sekolah yang dikelola Yayasan Gondang mulai dari TK sampai SMK, seperti membaca shalawat dan istighfar pada bulan Maulud sebanyak 20 juta lebih dan melatih siswa untuk gemar beramal dan menunaikan shalat lima waktu,” ujarnya.

Untuk gemar beramal, lanjut ulama dari Wonopringgo itu, setiap hari Senin anak didik dilatih untuk beramal sosial dengan menyumbangkan sisa uang saku dengan besaran Rp 500 dan Rp Rp 1.000.

Dana itu akan didistribusikan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti untuk membantu lembaga pengelola yatim piatu, membantu renovasi masjid, mushala atau madrasah dan untuk santunan bagi keluarga besar yang meninggal dunia.

”Sejak tahun 2010, dana belajar amal siswa itu juga dikelola untuk memberikan kredit usaha produktif kepada wali murid yang membutuhkannya tanpa bunga. Semua siswa juga saya minta untuk senantiasa menghormati orang tua serta mengamalkan apa yang sudah diajarkan di sekolah,” ujarnya.

Wakil Direktur Yayasan Gondang Nabhan Syamsudin menambahkan, tahun ajaran baru ini, SMK Gondang memiliki program unggulan, yaitu program hasil kerja sama dengan perusahaan ternama di Indonesia. Adapun bentuk kerja sama itu dalam bidang kurikulum untuk memberikan materi pelatihan kepada siswa dan guru, seperti yang sudah dilakukan dengan PT Suzuki Indomobil. (H65-60)

Sumber:
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/70-siswa-langsung-diterima-kerja/