Dari Hobi Jadi Prestasi

Jumat, Juni 24, 2016 0 Comments A+ a-


Dilansir dari RadarPekalongan, Berawal dari hobi membuat digital painting dan mengoprek Wifi, Hafit Yulianto, mulai menjanjal dunia jaringan komputer. Remaja yang kini mengenyam bangku pendidikan di SMK Gondang itu, berhasil menjuarai beberapa lomba IT. Bahkan tahun lalu ia mampu mengharumkan almamternya tersebut lewat torehan prestasi di tingkat provinsi.

“Awalnya dari hobi sih Mbak, kemudian jadi suka. Alhamdulillah pernah menang Lomba Keterampilan Siswa IT Networking Tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2015 Juara 1 dan Juara Harapan 1 Tingkat Provinsi Jawa Tengah,” terang remaja yang Juli nanti genap berusia 16 tahun tersebut.

Ia mengaku, setelah memasuki jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), ia semakin paham dengan dunia tersebut. Seperti pengetahuan tentang konfigurasi jaringan berbasis linux debian, jenis-jenis OS dan penginstalannya.

“Selain itu saya juga ikut ekskul grafis mbak. Jadi pengetahuan saya lebih berkembang. Yang berkesan saya bisa mewakili Jurusan TKJ SMK Gondang di tingkat provinsi walau tidak mendapat 3 besar, yang berkesan lagi gurunya, walau kadang galak, tapi bisa bercanda,” ujar remaja yang bercita-cita ingin memiliki toko dan service centre komputer ini.

Sementara itu, Kepala Prodi TKJ SMK Gondang, Maman Sulaeman menyatakan, muridnya tersebut memiliki kemauan belajar yang tinggi. Menurutnya itu salah satu kunci sukses keberhasilannya selama ini. Meski kadang jail dan blak-blakan, di semester 4 tahun ajaran 2015/2016 ia berhasil mendapatkan peringkat 1 di kelasnya.

“Hafit itu memiliki semangat belajar yang tinggi, baik di sekolah maupun di rumah. Pada saat persiapan mengikuti Lomba TKJ IT-Networking, Hafit terkadang sering mengasah keterampilannya sendiri meskipun tidak ada jadwal latihan. Ya semoga dengan prestasi Hafit ini dapat memotivasi teman-temannya yang lain untuk memajukan SMK Gondang, Khususnya jurusan TKJ,” tandas lelaki yang juga menjadi pembimbing lomba. (ap5)