PLS SMK Gondang Wonopringgo, Satukan Visi Peserta Didik Baru

Minggu, Juli 24, 2016 0 Comments A+ a-


Dilansir dari RadarPekalongan. WONOPRINGGO – Melalui momen Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), SMK Gondang Wonopringgo berupaya menyatukan visi peserta didik baru sesuai dengan visi sekolah.

Demikian diungkapkan Pembina OSIS SMK Gondang Wonopringgo, Prima Panji Nugroho SPd saat diwawancarai Radar Pekalongan, Kamis (21/7), mengenai pentingnya pelaksanaan PLS di sekolahnya. Ia pun menegaskan bahwa pelaksanaan PLS bagi siswa baru merupakan hal yang sangat penting, karena dapat membantu proses adaptasi bagi siswa baru.



“Sangat penting, karena mereka itu kan dari SMP/MTs asalnya memiliki berbagai macam karakter, latar belakang budaya, juga keluarganya. Nah, kita menyamakan visi sekolah biar anak-anak itu tahu, bagaimana si di SMK Gondang itu. Peraturannya seperti apa, model pembelajaran yang di pakai seperti apa. Kita lakukan dengan orientasi,” terangya.

Ia melanjutkan, momen PLS juga dimanfaatkan guna mengenalkan lingkungan sekolah kepada para siswa baru. Disamping itu dirinya mengatakan, tidak ada kegiatan yang bersifat perploncoan dalam pelaksanaan PLS disekolahnya.

“Selain itu untuk pengenalan lingkungan juga. Karena mungkin anak-anak yang baru kan belum tahu, misalnya ada lab kimia, lab komputer, lab akuntansi. Kemudian letak kantin dimana, dan lain sebagainya. Jadi memang perlu diadakan pengenalan lingkungah sekolah yang seperti ini,” imbuhnya.

Diungkapkan olehnya, PLS di SMK Gondang Wonopringgo dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Rabu hingga Kamis (20-21/7) kemarin. Diawali dengan upacara pembukaan, pihak sekolah merangkainya dengan bermacam kegiatan. Diantaranya sarapan bersama, serta penyampaian sejumlah materi.

Ditambahkan, sejumlah materi diperoleh siswa baru meliputi tata tertib sekolah, bahaya dan penyalahgunaan narkoba, pengenalan ekstrakurikuler, 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun), dan motivasi belajar.

“Untuk hari pertama tidak mengundang narasumber dari luar. Kita memberdayakan guru sini, dibantu oleh siswa OSIS,” tandasnya. (ap3)