SMK Gondang Aktif Pasarkan Alumni

Sabtu, Juli 16, 2016 0 Comments A+ a-

SuaraMerdeka.Com. KAJEN – Sebagai wujud tanggung jawab moral, SMK Gondang Wonopringgo tidak membiarkan alumni sekolah lulusa begitu saja. Mereka dicarikan kesempatan mengikuti tes seleksi kerja. Kepala SMK Gondang Wonopringgo, Tarto Raharjo didamping Humasbin BKK sekolah tersebut Castro, Jumat (15/7) mengatakan, sekolah membuka kesempatan kepada para alumnus untuk mengikuti tes masuk kerja ke sejumlah perusahaan yang telah bekerja sama dengan sekolah di bawah naungan Yayasan Gondang Wonopringgo tersebut. ”Sekarang ini kami membuka kesempatan kepada 50 orang alumnus SMK Gondang Wonopringgo untuk mengikuti tes kerja,” kata dia.

PT. Hitachi Power Sistem, kata Castro, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi peralatan listrik. Pabrik itu berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Menurutnya, sebelum bekerja sama dalam hal perekrutan tenaga kerja, perusahaan tersebut juga telah memberikan pelatihan soft skill kepada siswa dan alumni. Selain di SMK Gondang, PT. Hitachi Power Sistem juga mengadakan tes serupa di SMK Brebes, Comal (Pemalang), dan Tegal. ”Perekrutan tenaga kerja di SMK Gondang tahun ini merupakan kali keempat dari beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan kami. Tahun ini, kami juga merencanakan perekrutan tenaga kerja perempuan. Kami bekerja sama dengan PT. Omron, perusahaan sparepart elektronik.”

Kewajiban

Melakukan kerja sama dengan perusahaan dalam hal perekrutan tenaga kerja, lanjut Castro, merupakan kewajiban sekolah. Yakni dengan memasarkan tamatan dan memberikan pembekalan. ”Perekrutan yang dilakukan BKK SMK Gondang Wonopringgo dilakukan setahun dua kali,” katanya.

Disebutkan, jumlah siswa baru dari lima jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Otomotif Elektronik, Teknik Sepeda Moto,r dan Akutansi sebanyak 353 siswa. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, 330 siswa. Adapun jumlah total siswa tahun ajaran ini mencapai 1.025 orang. Dengan jumlah siswa sebanyak itu, SMK Gondang Wonopringgo sudah memenuhi persyaratan sebagai sekolah rujukan. ”Di bulan Agustus yang kelas XI otomotif TKR akan dilakukan seleksi untuk masuk kelas unggulan teknik kendaraan ringan. Kelas unggulan otomotif, yang meliputi psikologi, wawancara, kesehatan, fisik, dan wawancara orang tua. Kelas unggulan itu sebagian kurikulum dari PT Suzuki Indomobil dan beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dengan SMK Gondang,” jelas dia.

Adapun untuk jurusan teknik sepeda motor, tahun ini akan menggandeng Astra Honda dan Yamaha mitra binaan dari perusahaan otomotif. (H65-48)

Sumber:
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/smk-gondang-aktif-pasarkan-alumni/