SMK Gondang Diminati Perusahaan Otomotif Ternama

Minggu, Juni 21, 2015 0 Comments A+ a-

SuaraMerdeka.Com. KAJEN – SMK Gondang, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan diminati perusahaan otomotif ternama baik nasional maupun internasional, seperti PT Suzuki Indo Mobil Motor, PT Seiwa Indonesia, PT CNC, PT Dharma Poliplash Cikarang, AHM, Daihatsu dan beberapa perusahaan lainnya. Sehingga sebelum lulus siswa jurusan otomotif langsung diseleksi dan lulus langsung kerja. Seperti dilakukan kemarin, PT Suzuki Indo Mobil Motor dan PT Seiwa Indonesia menggelar seleksi tenaga kerja bagi siswa di SMK Gondang. Seleksi tidak hanya tertulis dan wawancara, tetapi tes fisik juga dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja siswa setempat. Meski belum didapati hasil siswa yang lolos seleksi, namun menurut Humas dan Hubungan Industri (Hubin), SMK Gondang, Castro, setidaknya sudah ada sekitar 167 alumnus yang lulus dan langsung bekerja di perusahaanperusahaan tersebut.

Langsung Kerja “Sekarang ini tinggal siswa/ sisa lulusan yang belum sempat masuk dalam perusahaan diikutsertakan dalam seleksi di dua perusahaan otomotif PT Suzuki Indo Mobil Motor dan PT Seiwa Indonesia. Harapannya, semua yang mengikuti seleksi lolos dan diterima sebagai tenaga kerja, sehingga mereka lulus tidak perlu mencari pekerjaan lagi,” katanya.

Program kerja sama tersebut, menurut Castro, dilakukan sebagai upaya pihak sekolah untuk membuktikan bahwa siswa-siswa SMK memang dipersiapkan langsung bekerja. Selain itu, di SMK Gondang, siswa tidak hanya diberikan bekal materi pelajaran dan teori semata, tetapi juga keterampilan khusus dan kesiapan kerja. Sehingga pihak sekolah melakukan upaya menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan otomotif baik dalam maupun luar yang memiliki tempat produksi di Indonesia.

Hasilnya, semua perusahaan menyatakan kesediaan dan memberikan apresiasi karena bisa mendapatkan karyawan dengan kualitas kerja baik. “Ke depan kami menginginkan SMK Gondang jurusan otomotif menjadi mitra industri yang menjalin kerja sama dengan semua perusahaan. Sebab bulan Agustus dari PT Yutaka, PT Samsung dan PT Hitachi akan masuk di SMK Gondang untuk melakukan seleksi juga. Sehingga semua lulusan SMK Gondang langsung masuk bursa kerja perusahaan ternama,” tandas Castro. Lebih lanjut dijelaskan, SMK Gondang akan membuka lima jurusan, masing-masing Otomotif, TKR, Mobil Modern, TKJ, Akutansi. Pendaftaran hingga 25 Juni mendatang. Masyarakat diharapkan segera mendaftarkan diri karena seleksi semua jurusan akan dilakukan secara ketat. (H52-47)

Sumber:
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/smk-gondang-diminati-perusahaan-otomotif-ternama/