Siswa SMK Gondang Ikuti Tes Seleksi Kerja PT. Yutaka Manufacturing Industri

Rabu, Juni 08, 2016 0 Comments A+ a-

SuaraMerdeka.Com. KAJEN - Sebanyak 140 siswa SMK Gondang mengikuti tes seleksi kerja yang diadakan oleh Bursa Khusus Kerja (BKK) sekolah tersebut bekerja sama dengan PTYutaka Manufakturing Industri, kemarin.

Seleksi diadakan di ruang kelas sekolah kejuruan di bawah naungan Yayasan Gondang yang berlokasi di Jalan Raya Wonopringgo tersebut. ”Tes ini untuk kali kedua dari PTYutaka Manufakturing Industri.

Perusahaan ini berada di Cikarang, Bekasi,” kata Kepala SMK Gondang Tarto Raharjo didampingi Wakil Kepala SMK Gondang Bidang Kehumasan Castro. Menurutnya, tes pertama pihak sekolah datang ke perusahaan itu di Cikarang. Tes kedua, pihak perusahaan datang ke SMK Gondang. Tes kali kedua ini diikuti 140 orang.

Beberapa di antaranya merupakan alumni. Keikutan alumni merupakan bentuk komitmen sekolah untuk memfalisitasi dalam penyaluran kerja. Sebab, lanjut dia, penilaian kompetensi juga diukur dari seberapa besar sekolah dalam memfasilitasi siswanya untuk berwirausaha, penempatan kerja, dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Panitia Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Gondang juga aktif secara terusmenerus melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk proses penempatan tenaga kerja lulusan SMK Gondang. ”Ke depan, kita akan program dengan model pemesanan. Artinya, kerja sama dilakukan dalam jangka panjang. Misalnya perusahaan tertentu membutuhkan tenaga kerja sekian orang maka BKK SMK Gondang akan menyediakannya.

Tentu konsekuensinya, lulusan SMK harus ditingkatkan kualitasnya serta ada pemetaan profesi,” jelas dia. Sebagaimana diketahui, secara umum proses seleksi itu persentase yang diterima 30-50 persen dari jumlah peserta. Apabila mereka melampui batas minimal tes.

Karena itu, perusahaan tentu akan kembali melakukan perekrutan ketika membutuhkan tenaga kerja. Adapun tahapan tes, pertama adalah tes tulis, psikotes, wawancara, dan tes kesehatan. Tes wawancara akan dilaksanakan Rabu (8/6).

Adapun proses penerimaan siswa baru, SMK Gondang masih membuka untuk jalur umum dari 1-14 Juni 2016. Adapun jalur prestasi sudah dilakukan seleksi pada 31 Mei lalu, dari jalur prestasi tersebut diperoleh 156 siswa. Tes seleksi jalur umum akan diadakan 15 Juni. (H65-60).

Sumber:
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/siswa-smk-gondang-ikuti-tes-seleksi-kerja/