SMK Gondang Gandeng Suzuki Indo Mobil

Sabtu, Maret 05, 2016 0 Comments A+ a-

SuaraMerdeka.Com. KAJEN – Sebagai bentuk untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK Gondang, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Sekolah itu membuka kelas unggulan otomotif dengan menggandeng Suzuki Indo Mobil sebagai mitranya.

Kepala SMK Gondang Tarto Raharjo didampingi Waka Humas dan Industri Casto mengatakan, SMK Gondang sebuah lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Gondang ini sengaja menggandeng salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia ini untuk memberikan pengetahuan tentang otomotif kepada para siswa agar mendapatkan pengetahuan dari lembaga yang berkompeten.

”Pada tahun ajaran baru ini 2016/2017 kami membuka kelas unggulan dengan kurikulum otomotif hasil kerja sama dengan PTSuzuki Indo Mobil di Jakarta.

Untuk masuk di kelas unggulan ini ada persyaratan tertentu,” kata dia, Kamis (3/3) Dikatakan, kerja sama antaran SMK Gondang dan PT Suzuki Indo Mobil telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Yaitu diawali dengan perekrutan tenaga kerja lulusan sekolah kejuruan ini di perusahaan tersebut.

Kemitraan

Kemudian, lanjut dia, kemitraan itu dilanjutkan dengan membuka kelas unggulan industri dan perekturan tenaga kerja. ”Saat ini sebanyak 382 siswa SMK Gondang mengikuti proses seleksi rekrutmen tenaga kerja untuk ditempatkan di PT Suzuki Indo Mobil. Beberapa tahapan memang harus dilalui seperti tes fisik, kesehatan dan psikotes. Mengenai berapa yang ditampung perusahaan, itu tergantung kebutuhan dari perusahaan tersebut,” ujar dia.

Adapun tujuan dibuka kelas unggulan tersebut yaitu siswa di SMK Gondang yang masuk kelas tersebut bisa langsung kerja di perusahaan otomotif itu meski secara resmi belum dinyatakan lulus. Tentu saja, kata dia, yang bisa mengikuti proses seleksi adalah siswa kelas akhir.

Selain bekerja sama dengan PT Suzuki Indo Mobil, SMK Gondang yang berlokasi di Wonopringgo itu juga bermitra dengan PT CNC sebuah perusahaan yang bergerak suku cadang sepeda motor dan mobil. Kemudian, PT Epson, AHM dan lainnya. ”Harapannya 80 persen siswa kelas unggulan bisa langsung kerja di Suzuki Mobil dimana kami menjadi sekolah binaan perusahaan tersebut,” katanya. (H65-34)

Sumber:
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/smk-gondang-gandeng-suzuki-indo-mobil/