Guru SMK Gondang Raih Prestasi Nasional

Sabtu, Desember 25, 2021 0 Comments A+ a-

WONOPRINGGO - Pandemi Covid-19 menjadikan sektor pendidikan harus beradaptasi dengan metode pembelajaran daring, namun banyak kendala yang dihadapi sekolah, guru, dan siswa saat menerapkan pembelajaran daring dirumah, bahkan orang tua juga harus berjibaku membantu anaknya untuk mengikuti pelajaran. Tak terkecuali yang terjadi di SMK Gondang.

Semenjak pandemi kegiatan belajar mengajar di SMK Gondang mengalami kendala, terutama saat memasuki proses penilaian belajar siswa. Saat ujian tengah semester atau ujian akhir semester siswa mengalami berbagai kendala untuk mengerjakan soal-soal ujian secara daring.

Dari mulai kehabisan kuota internet hingga terkendala sinyal di tempat tinggal siswa, kemudian kendala lain juga muncul yakni server sekolah yang terbatas. Hingga akhirnya Pak Maman, Guru TKJ SMK Gondang membuat aplikasi yang memudahkan siswa untuk belajar dan ujian. Sistem tersebut bernama TCExam Mobile Friendly Computers Based Test untuk Asesmen Kompetensi Minimun (TMF CBT for AKM).



’Saya gelisah karena selama pandemi dan pembelajaran daring banyak kendala yang dihadapi siswa dan sekolah. Ada yang siswa tidak bisa mengikuti pelajaran karena tidak bisa membeli kuota data internet, ada yang terkendala sinyal karena rumahnya di daerah pegunungan atau dekat dengan pembangunan sutet. Belum lagi server di sekolah juga memiliki kemampuan terbatas, sehingga tidak bisa menampilkan soal dengan baik,’’ ungkapnya.

Aplikasi yang dibuat Pak Maman, sapaan akrabnya mendapat apresiasi yang luat biasa dari rekan-rekan Guru SMK Gondang dan sekolah. Karnyanya yang luar biasa menjadi salah satu juara dalam ajang Semangat Astra Terpadu Untuk (SATUIndonesia Awards Tahun 2021.
Penghargaan SATU Indonesia adalah sebuah ajang kompetisi yang hasil akhirnya berupa penghargaan untuk para pemuda yang dinilai telah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Lanjut Pak Maman berharap aplikasi yang telah dikembangkannya dapat bermanfaat bagi semua khususnya bagi insan pendidikan, ia juga memberikan motivasi walaupun dalam keterbatasan ternyata kita juga bisa menemukan solusi untuk sebuah permasalahn yang ada.