Kompetensi Keahlian di SMK Gondang Ditunjang dengan Binaan Industri

Kamis, Februari 09, 2023 0 Comments A+ a-

WONOPRINGGO - SMK Gondang Wonopringgo merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Sekolah ini menyediakan berbagai program keahlian atau kompetensi keahlian bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK.

Kompetensi keahlian yang tersedia di SMK Gondang Wonopringgo adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Setiap kompetensi keahlian ini memiliki binaan dari perusahaan ternama, yang dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh pengalaman praktik kerja di perusahaan tersebut.



Pertama, kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) memiliki binaan dari Toyota Nasmoco. Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang handal di bidang perbaikan dan perawatan kendaraan ringan, khususnya mobil. Siswa akan mempelajari tentang sistem kelistrikan, mesin, transmisi, rem, suspensi, dan lain sebagainya. Di samping itu, siswa juga akan mendapatkan pelatihan tentang keselamatan berkendara dan keterampilan komunikasi dengan pelanggan. Dengan adanya binaan dari Toyota Nasmoco, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri otomotif saat ini.

Kedua, kompetensi keahlian Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) memiliki binaan dari Honda. Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang handal di bidang perbaikan dan perawatan sepeda motor. Siswa akan mempelajari tentang sistem mesin, sistem kelistrikan, sistem bahan bakar, sistem rem, dan lain sebagainya. Di samping itu, siswa juga akan mendapatkan pelatihan tentang keterampilan pemasaran dan keterampilan komunikasi dengan pelanggan. Dengan adanya binaan dari Honda, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri sepeda motor saat ini.

Ketiga, kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) memiliki binaan dari PT Adeaksa. Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang handal di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Siswa akan mempelajari tentang instalasi sistem operasi, jaringan komputer, perancangan database, perancangan website, dan lain sebagainya. Di samping itu, siswa juga akan mendapatkan pelatihan tentang keterampilan pemrograman dan keterampilan troubleshooting. Dengan adanya binaan dari PT Adeaksa, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

Keempat, kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) memiliki binaan dari Bank BSI.