Yayasan Gondang Beri Modal Usaha bagi Wali Murid

Kamis, Januari 22, 2015 0 Comments A+ a-

SuaraMerdeka.Com. KAJEN – Sebagai bentuk kepedulian kepada orang tua siswa yang kurang beruntung dalam masalah perekonomian, Yayasan Pendidikan Gondang, Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, memberikan bantuan modal usaha tanpa bunga. Bantuan tersebut diberikan yayasan setahun tiga kali melalui prosedur di lingkungan yayasan. Hal tersebut kemarin diungkapkan Ketua Yayasan Pendidikan Gondang, HA Nadjib Syamsuddin, usai kegiatan peringatan Maulud Nabi Muhammad saw di lingkungan yayasan.

Menurutnya, Yayasan Gondang yang berdiri sejak tahun 1965 tersebut, sekarang mengampu sekolah mulai dari TK hingga SMK, termasuk Taman Pendidikan Quran. Dirintis dari sebuah yayasan kecil, sekarang sudah mampu berdiri kokoh dengan mengampu sekolah-sekolah seperti Madrasah Salafiyah Syafi’iyah (MSS) Gondang, TK Gondang, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Gondang, SD Islam Gondang, RA NU Jetak Lengkong, MTs Gondang, TPQ Gondang, MIS Wonorejo, SMK Gondang, Ponpes Modern Gondang dan SMPNusantara. “Jadi memang sejak dirintis awal tahun 1965 dipimpin H Muhammad Zuhdi, kemudian dilanjutkan oleh H Sjirozi Zuhdi, kemudian pimpinan sekarang, Yayasan Gondang makin berdiri kokoh dengan mengampu banyak sekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat,” katanya.

Seimbang Disebutkan, dalam melaksanakan kegiatan pendidikan yayasan memberlakukan asasasas utama yakni penyeimbangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta fondasi agama dalam bingkai pengokohan keimanan dan ketakwaan baik pengajar maupun siswa. Sehingga dengan keseimbangan tersebut, siswa di Yayasan Gondang memiliki bekal plus dibanding sekolah-sekolah lain lantaran, siswa tidak hanya memiliki pengetahuan yang sama dengan siswa di sekolah lain.

Namun, pendidikan keagamaan siswa di Yayasan Gondang lebih unggul. “Siswa di Yayasan Gondang lebih unggul dibanding siswa sekolah lain karena selain mendapatkan kurikulum sama seperti sekolah lain juga mendapatkan pengajaran agama yang lebih. Sehingga lulusannya tidak hanya mengusai pelajaran umum, tetapi juga menguasai pelajaran agama yang lebih bagus,” tandas Nadjib.

Lebih lanjut dijelaskan, tidak hanya mengutamakan kualitas dan kuantitas pendidikan, Yayasan Gondang juga mempunyai program-program sosial di antaranya adalah memberikan bantuan modal usaha bagi orang tua siswa yang tidak mampu. Bantuan tersebut diberikan setahun tiga kali dengan jumlah mulai satu juta dan dikembalikan dalam bentuk angsuran selama setahun tanpa dipungut bunga sedikit pun. Sehingga dana tersebut benar-benar bisa dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat. (H52-47)

Sumber:
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/yayasan-gondang-beri-modal-usaha-bagi-wali-murid/