Ajak Siswa Aktif Ekskul dan Organisasi

Minggu, Maret 15, 2020 0 Comments A+ a-



WONOPRINGGO – SMK Gondang Wonopringgo saat ini tengah berfokus untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di sekolah. Salah satunya yakni para siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengajak siswa untuk turut serta dalam kegiatan ekatrakurikuler maupun keanggotaan organisasi siswa di SMK Gondang Wonopringgo.

Demikian diungkapkan Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Gondang Wonopringgo, Prima Panji SPd. “Salah satu upaya yang kami lakukan adalah di awal tahun ajaran ini untuk memetakan minat dan potensi siswa. Kami beri angket ekstrakurikuler sehingga siswa bisa bebas memilih kegiatan sesuai dengan minatnya masing-masing,” ujar dia.
Diungkapkan ektrakurikuler Pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh para siswanya. “Di sekolah kami ada ekstrakurikuler wajib dan juga ekstrakurikuler pilihan. Nah yang menjadi PR kita adalah terus memotivasi siswa terutama yang masing bimbang dan enggan bergabung di ekskul tertentu, maka sebisa mungkin kita ajak dan beri pengarahan,” tuturnya.
Selain melatih keterampilan dan kepekaan siswa, kegiatan ekskul dan organisasi juga menjadi awal lahirnya prestasi siswa khususnya di bidang non akademik. “Dari kegiatan ekskul juga biasanya bisa diperoleh siswa-siswa yang punya potensi sehingga ketika ada event atau lomba tertentu jadi lebih mudah untuk mengirimkan wakil,” ujar Pak Prima, sapaan karibnya.
Sebagai Pembina OSIS, pihaknya senantiasa menjalin pendekatan kepada tiap siswa agar semakin aktif dan mampu mengeksplor segala potensi serta minat bakatnya.