Ekskul Bekal Hadapi Dunia Kerja

Senin, Januari 30, 2017 0 Comments A+ a-

Siswa berprestasi di jurusan TKJ SMK Gondang saat menunjukkan prestasi yang diperoleh di berbagai ajang

WONOPRINGGO – Menyandang status sebagai sekolah kejuruan membuat siswa SMK Gondang harus menguasai bidang yang telah dipilih. Meski begitu, tidak serta merta siswa terbatasi dengan keahlian atau kegiatan yang melulu di bidangnya. Mereka juga bisa bereksplorasi dan mengembangkan bakat dalam wadah esktra kurikuler (ekskul).

Oleh karenanya berbagai ekskul pun dihadirkan, termasuk juga dalam program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dalam prodi ini terdapat empat macam bidang ekskul, yakni IT Application and Networking, Animasi, Web Design dan Desain Grafis. Selain dapat mengasah potensi, ekskul ini juga dapat menjadi ajang berprestasi bagi siswa. Terbukti telah lahir berbagai prestasi, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.



“Disini ada empat ekskul yang kami hadirkan untuk mengembangkan keahlian siswa. Bebarapa memang ada yang dipelajari dalam ranah akademik. Dalam pembelajaran KBM tiap harinya. Hanya saja ada beberapa pula yang porsinya sedikit. Padahal, mungkin saja bidang tersebut menarik minat yang lebih dari anak. Jadi kami kembangkan menjadi ekskul. Sehingga anak bisa lebih bereksplorasi dan mengembangkan keahliannya,” beber Kepala Prodi TKJ SMK Gondang, Maman Sulaeman SKom didampingi pembina ekskul web desain Siti Rosmalinan E SPd saat diwawancarai, Jumat (27/1).

Dijelaskan, beberapa prestasi baik di tingkat kabupaten dan provinsi telah diraih. Seperti dalam LKS Kabupaten Pekalongan 2016, Juara 1 IT Application oleh Hafit Yulianto, Juara 2 Web Desain oleh Mohammad Khafid, Juara 3 Animasi oleh Goiman Haqqin, dan Juara 5 IT Networking oleh Firman Yaskur. Sedangkan di provinsi sendiri salah satunya dia ajang LKS tingkat provinsi. Yakni Juara 4 IT Networking tahun 2015 dan Juara 7 IT Application 2016 oleh Hafit Yulianto.

Pihaknya berharap ke depan banyak prestasi yang dapat dihasilkan dari yang sudah ada. Namun pihaknya berharap bahwa ekskul ini lebih sebagai wadah untuk mengembangkan minat anak. Sehingga anak tidak perlu mencari kegiatan di tempat lain, tetapi semuanya telah terfasilitasi di sekolahnya sendiri.

Selain itu, ekskul juga merupakan salah satu pilihan tepat untuk memanfaatkan waktu luang. Hal ini juga upaya dari sekolah agar anak bisa meminimalisir bahaya negatif arus globalisasi. Sehingga ketika lulus nanti mereka memiliki bekal tambahan untuk menghadapi dunia kerja.
“Selain menjaring potensi, ekskul juga untuk membekali siswa-siswi SMK agar mempunyai keahlian lain selain materi di jurusan. Selain itu melatih mental agar tahan terhadap tekanan. Karena remaja saat ini sering mengeluh, terlihat dari postingan di sosial media mereka. Menyibukkan dengan kegiatan positif dengan harapan bisa meningkatkan bakat mereka sebagai bekal kelak setelah mereka lulus,” tandasnya.

Salah satu siswa berprestasi dan peserta ekskul TKJ, Firman, menerangkan bahwa menurutnya ekskul dapat mengembangkan minat yang ia miliki. Selain itu, ekskul merupakan cara yang tepat untuk mengisi masa mudanya dengan hal-hal yang bermanfaat. “Kalau hari sabtu sampai kamis jatahnya sekolah, kalau jumat pas libur jatahnya anak muda, makanya kalau ngga memanfaatkan waktu dengan baik, kata guru saya nanti pas udah kelewat nyesel,” terangnya. (ap5)