Momentum Tahun Baru Islam, Waka Kurikulum Ajak Siswa untuk Menjadi Insan Kamil

Jumat, Juli 29, 2022 0 Comments A+ a-

 



WONOPRINGGO – SMK Gondang adakan apel pagi bersama para Guru, Staf dan semua siswa di halaman sekolah untuk menyambut 1 Muharram 1444 H yang jatuh bertepatan pada tanggal 30 Juli 2022, kamis (28/07/2022).


Tahun baru Hijriyah menjadi hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

“1 Muharram menjadi momentum kita untuk lebih baik dari tahun sebelumnya, menjadi insan yang kamil, dengan mengikuti perintah Allah dan Rosul-Nya”, ucap Bapak M. Ikmal, S.H.I Waka Kurikulum SMK Gondang.

Bulan Muharram menjadi tanda awal datangnya tahun baru bagi umat Islam. Umat Islam sangat dianjurkan untuk menjalankan amalan sunnah di bulan Muharram.

Lanjut Pak Ikmal mengatakan menyambut bulan Muharram ini, tentunya menjadi sebuah peringatan untuk kita semua untuk selalu berdzikir dan mengingat Allah dan juga mengingat perjuangan Rosulullah SAW.

Bulan Muharam adalah salah satu bulan haram yang memiliki keutamaan, sebagaimana bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan.

Saat bulan muharam, ada beberapa amalan dahsyat yang tidak bisa dilakukan di bulan selain bulan haram. Sangat disayangkan sekali jika sampai ketinggalan untuk melaksanakan amalan-amalan mulia tersebut.

“Kami mengajak siswa dan siswi untuk mengamalkan bacaan dzikir, Hasbunallah……, dan juga untuk membaca doa awal tahun dan akhir tahun, semoga kita diberi kemudahan dalam kehidupan ini dan diberi kemudahan dalam menuntut ilmu”, tutup M. Ikmal. S.H.I

Kontributor : Dzannu Roini
Editor : Mohammad Syaiful