SMK Gondang Cerdas Belajar dengan Portal Jateng Pintar

Sabtu, Juli 30, 2022 0 Comments A+ a-

SMK Gondang adakan sosialisasi Portal Jateng Pintar 2022 dengan mendatangkan perwakilan BPTIK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/07/22).

WONOPRINGGO - Kepala Sekolah SMK Gondang Arif Hermawan, S.Si. membuka sambutan dengan memperkenalkan bahwa saat ini ada 4 jurusan di SMK Gondang, yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Akuntasi dan Keuangan Lembaga (AKL), dengan jumlah total siswa mencapai 1.014.

“Di SMK Gondang sekarang ada 4 jurusan, TKR, TSM, TKJ dan AKL, dengan jumlah total siswa mencapai 1014 anak, dan Alkhamdulillah Bapak Ibu guru bisa hadir semua tanpa mengganggu proses belajar mengajar hari ini”, ucap beliau.



Apa sih BPTIK itu?

BPTIK (Badan Pengembangan Teknologj Informasi dan Kebudayaan) secara oprasional BPTIK berada dibawah tanggung jawab Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, yang dipimpin oleh Kepala Balai dengan dibantu oleh satu Kepala Subbagian Tata Usaha, dua Kepala Seksi, dan Pejabat Fungsional Tekonlogi Pendidikan.

Tujuan BPTIK Provinsi Jawa Tengah sendiri adalah untuk mengembangkan TIK di wilayahnya. Diantaranya memproduksi konten media pembelajaran dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan berbasis TIK.

Ervan Kusumaning Jaya, S.Si. selaku perwakilan BPTIK Disbud Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan, ada beberapa produk BPTIK :

1. Portal Jateng Pintar (Pintar.jatengprov.go.id)

2. Aplikasi Pendidikan Karakter Berbasis Mobile Learning

3. Radio Streaming (Radio Audisi)

4. Laboratorium Astronomi (Wahana Jelajah Angkasa)

5. Teropong Bintang

6. Virtual Reality

7. Smart Edu (Augmented Reality)

“Ada beberapa produk dari BPTIK Pak-Bu, yaitu Portal Jateng Pintar (Pintar.jatengprov.go.id), Aplikasi Pendidikan Karakter Berbasis Mobile Learning, Radio Streaming (Radio Audisi), Laboratorium Astronomi (Wahana Jelajah Angkasa), Teropong Bintang, Virtual Reality, Smart Edu (Augmented Reality). Nah kalau misal jam istirahat bisa diputarkan Radio Streaming di SMK Gondang, tenang kontennya mendidik semua”, jelasnya.

Apa itu Jateng Pintar?

Jateng Pintar merupakan sumber belajar berbasis online untuk PAUD hingga SMK dan Umum. Bila kita pernah mendengar Ruang Guru, maka Jateng Pintar adalah sejenisnya. Bedanya, Ruang Guru bersifat komersil, sedangkan Jateng Pintar tidak komersil dan diinisiasi oleh Pemerintah. Para penggunanya bisa mengakses Jateng Pintar di alamat website pintar.jatengprov.go.id.

Apa manfaat Jateng Pintar?

Jateng Pintar bisa digunakan untuk berbagi media pembelajaran, RPP, tutorial dan sebagainya berbentuk video, dokumen, gambar dan sejenisnya. Pengguna juga dapat mengupload (sebagai kontributor), mendownload resource yang ada di Jateng Pintar.




Kontributor : Dzannu Roini
Editor : Mohammad Syaiful