Kerjasama Industri, Tingkatkan Mutu SMK Gondang

Selasa, Desember 10, 2019 0 Comments A+ a-

WONOPRINGGO – SMK Gondang Wonopringgo saat ini tengah melakukan berbagai jalinan kerja sama dalam rangka peningkatan mutu sekolah. Tak hanya menjalin kerja sama dengan pihak-pihak dalam negeri, melainkan juga industri luar negeri yang menjadi bidikan.
Demikian disampaikan Ketua Penjamin Mutu Bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Idustri (Humasbin) SMK Gondang Wonopringgo, Castro SPd. Saat ini pihaknya tercatat telah melakukan kerja sama dengan beberapa industri, diantaranya Perusahaan Suzuki Indomobil, Honda Motor Karawang, Yamaha Motor, PT Astra International, Daihatsu, PAMA Persada Nusantara, serta beberapa perusahaan luar negeri seperti Epson, VS Kilang, Unicherm, Philip Malaysia dan masih banyak lagi.
SMK Gondang Wonopringgo melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) nya yaitu “BKK Gondang Karya” juga telah bekerjasama dengan perusahaan di Jepang dan Malaysia melalui Program Magang Luar Negeri.
“Kebetulan di Kabupaten Pekalongan belum banyak SMK yang sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk menyalurkan lulusannya. Dan alhamdulillah SMK Gondang bisa memberikan contoh kepada SMK-SMK lain dalam hal penyaluran lulusan,” ujar dia.
Pihaknya berupaya untuk memaksimalkan peran BKK agar nantinya setelah siswa menyelesaikan kewajiban pendidikannya di SMK Gondang, dapat dengan mudah tersalurkan pada beberapa industri.
“Ya memang tidak semuanya bekerja, ada yang memilih untuk melanjutkan studi ataupun berwirausaha. Namun sebagai sekolah vokasi tentu kami harus memberikan bekal soft skill dan hard skill yang maksimal kepada anak-anak,” tandasnya.
Besar harapan, kedepan SMK Gondang Wonopringgo semakin berkualitas dan mampu menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan agar lulusan yang dihasilkan lebih banyak terserap di dunia industri.